Tuesday 13 September 2011

SEO Ala Sejuta Trik Blogger

SEO

Apasih SEO itu? berikut penjelasan dari wikipedia.

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
SEO
Ada dilema atau kebimbangan tentang SEO itu sendiri. Nah berikut ini adalah cara yang sering dilakukan dan berakibat buruk bagi blog. Berikut ini cara SEO Ala Sejuta Trik Blogger.

1. Tukar Link.
Tukar link merupakan cara pling mudah mendapat backlink dari blog berkualitas lain. Namun perlu diperhatikan jika blog yang kita tukaran link banyak spamnya, itu juga berpengaruh dengan blog kita.

2. Komentar Spam di Blog Lain.
Ada banyak sekali kerugian melakukan spam comment dengan blog lain. Untuk lebih jelasnya silakan cari tahu di google.

3. Validasi HTML
Ada 2 blog yang saya tau sudah valid xhtml yaitu deconstructioncode dan blognya milik hendroprayitno. Bukan maksud apa apa sih, dikarenakan blog mereka sudah tidak bisa dibuka lagi dan muncul pesan hanya undangan yang boleh membuka situs ini. Wah artinya valid template tidak menjamin blog jadi sukses dan berumur panjang. Beberapa layanan google memang tidak valid, tapi apakah ini sebuah jalan SEO agar tampil jadi no1? kalau saya sih menganggap validasi HTML itu adalah bagian dari keprofesionalan seorang SEO itu sendiri dalam mengedit HTML. Dengan maksud HTML blog tersebut tersusun dengan benar. Ya ga?

4. Menyewa Jasa SEO
Cara yang paling mudah namun berbayar yaitu dengan menyewa jasa master SEO yang menawarkan mempromosikan blog kita dan berada di peringkat no.1 Google. Seperti yang saya baca di google webmaster help. Google tidak menjamin website dari hasil jasa SEO. Apalagi yang bersifat fiktif. Artinya apakah kamu semua mendapat penjelasan dari cara mereka membuat web kita berada di peringkat atas google? Belum lagi jika google selalu update tentang alogaritmanya. Nah dari pada uang kamu terbuang percuma, mending usaha yang gratis2 aja.

5. Back Link
Back link berarti timbal balik antara link blog kita dengan beberapa situs. Semisal untuk pencarian "hotel di Indonesia" google akan memprioritaskan atau mementingkan blog yang mempunyai timbal balik dengan blog tersebut. Google juga akan mempertimbangkan dengan google map, google palace dll. Jadi sahabat tahukan bagaimana mengoptimalkan blog kita?ya kita harus mendaftar di beberapa layanan google tersebut untuk mendapat back link.

Nah itulah sedikit pengertian dan cara SEO Ala Sejuta Trik Blogger. Semoga sahabat2 bisa memahaminya.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl